Sebelum penjelasan mengenai pertumbuhan dan perkembangan janin, terlebih dahulu perlu diketahui apakah pengertian dari pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pertumbumbuhan bayi merupakan proses bertambahnya ukuran dan sel-sel serta jaringan di dalam sel  tubuh, sehingga dapat diukur dengan panjang dan berat tubuhnya. Sementara itu, perkembangan bayi merupakan bertambahnya struktur dan fungsi  yang lebih kompleks dalam  kemampuan gerak halus, gerak kasar, berbicara dan bahasa, sosialisasi dan kemandirian dalam tiap pertambahan usianya.

Secara garis besar pertumbuhan dan perkembangan manusia dapat dibedakan menjadi 3, yaitu:

  1. Tumbuh kembang fisik, yang meliputi perubahan dalam ukuran besar dan fungsi individu.
  2. Tumbuh kembang intelektual, yang meliputi kepandaian komunikasi, bermain, berhitung dan membaca.
  3. Tumbuh kembang emosional, yang meliputi kemampuan membentuk ikatan batin, berkasih sayang, menangani kegelisahan, mengelola sifat agresif/marah.

Umur 1 hingga tiga bulan, berat badan bertambah 700 gram setiap empat minggu atau bertambah sebanyak 170 – 200 gram per minggunya. Umur 3 hingga 6 bulan pertambahan berat badan normal adalah sebanyak 450 gram setiap 4 minggu atau sekitar 125 gram perminggu. Pada umur 6 hingga 12 bulan pertambahan berat badan bayi setiap empat minggu sebanyak 350 gram. Namun demikian, tidaklah sama antara pertumbuhan dan perkembangan bayi yang satu dengan bayi yang lainnya.  Hal tersebut didasarkan pada lingkungan dan nutrisi masing-masing bayi.

Bayi 0-1 bulan

  • Setelah bayi lahir, maka ini merupakan masa-masa awal bayi untuk beradaptasi terhadap lingkungannya yang baru.
  • Pada awal-awal kelahirannya, bayi masih beraktivitas secara naluri atau reflex, dan salah satu komunikasi yang ia kuasai adalah menangis.
  • Pada saat ini, bayi anda belum kuat untuk membuka matanya, hanya sesekali saja ia akan membuka mata dan kemudian terpejam/ tertidur kembali. Namun beberapa hari kemudian, ia akan dapat melihat pada jarak yang dekat, yaitu sekitar 20 cm.
  • Memiliki beberapa gerakan reflex yang alami
  • Bayi anda sudah peka terhadap sentuhan, terutama sentuhan ibu.
  • Sedikit-demi sedikit sudah mulai bisa tersenyum. Terkadang, dia tersenyum saat melihat satu obyek yang dia lihat, meskipun itu bukan karena diajak tersenyum oleh orang di sekitarnya.
  • Bayi anda akan mampu menggenggam jari anda, jika anda letakkan di jari-jarinya
  • Pada saat ini waktu bayi akan lebih banyak digunakan dengan tidur. Bayi anda akan menangis jika merasa lapar, popoknya basah atau kotor, atau bisa juga karena sebab lain yang membuat keadaannya menjadi tidak nyaman.

Bunda suka dengan artikel Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Perawatan Payudara Pada Masa Nifas. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/pertumbuhan-dan-perkembangan-bayi-usia-1-bulan/