Kehamilan minggu pertama

Minggu ini adalah waktu Anda mendapatkan haid  terakhir sebelum terjadi kehamilan. Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) dianggap sebagai tanggal awal dimulanya kehamilan, dan  kehamilan dihitung dari tanggal tersebut hingga selama 40 minggu.

Kehamilan berlangsung 266 hari dari sejak sel telur dibuahi atau 280 hari sejak haid pertama. Waktu pembuahan biasanya sulit ditentukan secara tepat. Karena bidan atau dokter akan menghitung usia kehamilan sejak hari pertama haid terakhir anda, bukan dihitung sejak pembuahan. Jika Anda memiliki siklus menstruasi rata-rata 28 hari, maka pembuahan terjadi pada sekitar 14 hari sebelum kehamilan. Hal ini karena ovulasi biasanya terjadi sekitar 14 hari sebelum dimulainya menstruasi.

Jangka waktu kehamilan 266 hari ditambah 14 hari, yakni  40 minggu. Namun hal ini hanya berlaku pada kehamilan normal yang rata-rata  antara 37 sampai 42 minggu.

Kehamilan minggu ke-2

Setiap bulan normalnya hanya ada 1 sel telur yang siap dilepas untuk siap dibuahi oleh sel sperma. Tiap bulan hanya 1 indung telur yang aktif. Sel telur tumbuh dan berkembang dalam kantung berisi cairan yang disebut folikel. Sel telur disebut juga ovum yang merupakan sel terbesar dalam tubuh manusia. Sekitar hari ke-14 sebelum haid berikutnya, salah satu sel telur dilepaskan dan masuk ke saluran telur (tuba fallopi). Hal ini disebut dengan ovulasi.

Janin mulai terbentuk dari sel telur yang dibuahi oleh sel sperma dan menjadi sel yang membelah diri dan berkembang dengan cepat. Setiap sperma membawa setengah set informasi genetik (kromosom X atau Y yang akan menentukan jenis kelamin bayi Anda). Sel telur membawa setengah set lainnya (kromosom X). Kromosom ini tergabung dan menentukan semua karakteristik fisik seseorang.Tiga puluh jam kemudian embrio terus membelah diri dengan cepat melanjutkan perjalanan dalam saluran telur menuju rahim untuk tertanam di dalamnya dalam waktu 7 hari setelah pembuahan.

Kehamilan minggu ke-3

Setelah terjadi pembuahan (fertilisasi) antara sel sperma dan sel telur, hasil fertilisasi melakukan pembelahan diri menjadi 2,4,8, dan hingga 16 sel yang kemudian berkembang menjadi sel yang lebih kompleks untuk kemudian tertanam pada rahim.

Sejak pembelahan awal hasil pembuahan tersebut terus membelah hingga 16 sel yang tergabung di sepanjang tuba hingga mencapai rongga rahim. Apakah sehat atau cacat, laki-laki atau perempuan telah ditentukan.  Sel tubuh ditentukan dari gabungan antara kromosom ayah dan ibu. Sel-sel berisi semua informasi genetik (DNA) yang diperlukan untuk menjadi seorang anak . Sedangkan jenis kelamin bayi ditentukan oleh kromosom sperma ayah (X atau Y).

Masa ini pembelahan sel calon janin dinamakan zigot. Zigot yang membelah bergerak menuju ke rahim sekitar 80 jam setelah masa subur. Proses implantasi atau penanaman di rahim dimulai sekitar 3-7 hari setelah pembuahan.

Ketika mencapai rahim, sel telur yang dibuahi akan menancap dan tertanam dalam lapisan rahim yang paling dalam  yang telah menebal guna untuk mempersiapkan kehamilan. Hal ini lah dimulai proses kehamilan.

Pada saat terjadi implantasi atau penanaman bakal janin beberapa wanita mengalami perdarahan ringan /fleks. Perdarahan bisa berlangsung 1-2 hari. Biasanya lebih sedikit dibanding darah haid. Jika Anda mengalaminya jangan khawatir karena perdarahan tersebut bisa dijadikan tanda awal terjadinya kehamilan.

Keehamilan minggu ke-4

Tempat penanaman bakal janin akan menjadi tempat dimana plasenta menempel pada dinding rahim. Setelah terjadi penanaman, maka akan mulai terjadinya pelepasan hormon yang disebut hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) ke dalam aliran darah dan bisa terdeteksi melalui air seni/urine

Tingkat hCG dimulai dengan sangat rendah, tetapi akan  meningkat dengan cepat pada hari-hari berikutnya untuk menghasilkan tanda-tanda kehamilan pada tubuh wanita yang sedang hamil. Saat ini adanya kehamilan dapat diketahui dengan mendeteksi adanya hormon hCG pada urin atau darah..

Pada masa ini anda mungkin memiliki perasaan yang sensitif, anda mungkin terasa ada yang beda di mulut Anda, atau payudara. Petunjuk-petunjuk samar ini bisa menjadi tanda-tanda pertama bahwa anda hamil. Janin anda baru sebesar ukuran biji kacang hijau.

Bunda suka dengan artikel Pertumbuhan Dan Perkembangan Janin Pada Usia 1-4 Minggu ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tips Berkendaraan Sepeda Motor Untuk Calon Ibu Hamil. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Pertumbuhan Dan Perkembangan Janin Pada Usia 1-4 Minggu. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Pertumbuhan Dan Perkembangan Janin Pada Usia 1-4 Minggu, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/pertumbuhan-dan-perkembangan-janin-pada-usia-1-4-minggu/