Kehamilan minggu ke – 5

Minggu ke-5 adalah permulaan periode pertumbuhan embrio (bakal janin), suatu periode yang sangat penting di dalam perkembangan organ janin. Pada minggu ke-5 embrio akan membentuk dasar kerangka sumbu badan, otak, serta jantung. Embrio akan berukuran 0,36 mm – 1 mm dan memiliki berat kurang dari 1 gram. Minggu ini adalah suatu tahapan yang sangat peka terhadap gangguan-gangguan yang menyebabkan kecacatan janin. Sehingga pada saat usia kehamilan 5 minggu, maka ibu hamil harus benar-benar menjaga diri dari hal-hal yang berdampak buruk terhadap kehamilannya. Jauhi rokok ataupun asap rokok, dan polusi-polusi lainnya. Pada akhir minggu ke-5, embrio yang sebelumnya hanya berbentuk kumpulan sel, saat ini berbentuk tabung dengan bagian atas dan bagian bawah yang melebar.

Kehamilan minggu ke – 6

Minggu ini embrio akan memiliki bentuk seperti kecebong, dengan kepala yang lebih besar dari organ lain dan memiliki ekor. Pembentukan otak, jantung dan pembuluh darah, sistim saraf, dan organ lain mulai berkembang. Saat ini embrio memiliki panjang sekitar 1,25 mm – 3 mm. Minggu ini adalah minggu perkembangan yang sangat cepat dari organ tubuh embrio. Sudah terbentuk lempeng telinga, lempeng mata, dan organ-organ tubuh lainnya. Akan berkembang pula sel-sel darah dan kemudian membentuk pembuluh-pembuluh darah kecil. Dengan berlanjutnya pembentukan tunas pembuluh darah, tunas paru mulai tampak sebagai suatu tonjolan di dekat dinding depan usus. Bagian-bagian dari ginjal berkembang pesat pada minggu ini. Pada minggu ini dapat mengenali kepala, ekor, tangan dan anggota badan masih seperti tunas.

Kehamilan minggu ke – 7

Pada minggu ke-7, bentuk luar dari embrio berkembang dengan pesat. Mata yang berukuran sebesar titik saat ini akan membentuk lensa mata. Lempeng telinga juga akan membentuk gelembung telinga yang berkembang membentuk bangunan-bangunan yang berfungsi untuk pendengaran dan keseimbangan. Rongga jantung yang hampir sempurna sudah mulai dialiri oleh darah. Sekat jantung mulai dibentuk mulai minggu ke-6 sampai minggu ke-8. Apabila terjadi gangguan pada pembentukan sekat jantung saat ini, maka bayi dapat lahir dengan kelainan jantung bawaan. Permulaan dari sistim pencernaan dan sistim pernapasan mulai terbentuk. Otak, otot, dan tulang juga sudah mulai terbentuk. Tunas untuk anggota badan depan dan belakang (tangan dan kaki) sudah mulai berbentuk dayung dan semakin memanjang. Panjang embrio dari puncak kepala sampai bokong berukuran 2-5 mm.

Kehamilan minggu ke – 8

Perkembangan terbanyak minggu ini adalah perkembangan otak dan kepala embrio. Pada minggu ke-8, otak embrio berkembang dengan kecepatan yang luar biasa. Wajah dari embrio juga semakin jelas terlihat, matanya terbuka, mulut dan lidahnya berkembang, dan embrio sudah mulai membentuk ginjal. Saat ini adalah periode kritis perkembangan lengan hampir berakhir, tonjolan lengan dan kaki mulai membentuk bagian tangan, bahu, dan jari-jari. Pada minggu ke-8, jantung janin sudah lengkap terbentuk. Akhir minggu ke-8, embrio berukuran 22-24 mm, kepala masih lebih besar dibandingkan dengan tulang belakang. Tonjolan jari tangan dan kaki sudah ada, saluran dari tenggorokan ke paru-paru sudah terbentuk. Bibir atas sudah sempurna dan bentuk telinga bagian luar mulai terbentuk pada kedua sisi kepala.

Bunda suka dengan artikel Pertumbuhan Dan Perkembangan Janin Pada Usia 5 – 8 Minggu ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pertumbuhan Dan Perkembangan Janin Pada Usia 1-4 Minggu. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Pertumbuhan Dan Perkembangan Janin Pada Usia 5 – 8 Minggu. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Pertumbuhan Dan Perkembangan Janin Pada Usia 5 – 8 Minggu, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/pertumbuhan-dan-perkembangan-janin-pada-usia-5-8-minggu-bulan-ke-2/