Rasa sakit yang timbul akibat kontraksi rahim ketika menjelang proses persalinan menjadikan anda akan merasa kesulitan untuk menentukan posisi yang nyaman. Memang, ketika hamil yang tanpa disertai rasa sakit pun juga sudah merasa sulit untuk menentukan posisi yang nyaman. Terlebih saat-saat mejelang persalinan akan lebih sulit lagi, selain karena perutnya yang membesar, juga karena timbulnya rasa sakit yang dahsyat akibat kontraksi rahim. Kontraksi rahim memang tidak bisa dihindari saat-saat menjelang persalinan, karena kontraksi merupakan satu kejadian alami yang akan membantu proses penurunan janin menuju pintu jalan lahir.

Jika kontraksi rahim semakin sering, secara teratur dan terjadi semakin lama, maka itu merupakan suatu tanda yang baik untuk perkembangan pada pembukaan serviks sebagai jalan pintu keluar janin dari rahim saat akan lahir ke dunia. Posisi yang ideal, yang diperkirakan dapat membantu perkembangan pembukaan serviks adalah posisi jongkok, setengah menungging, saat baring miring ke kiri dengan salah satu lutut anda diangkat ke atas sementara yang satunya tetap membujur sebagaimana orang berbaring.

Posisi pada saat proses melahirkan pun juga perlu anda perhatikan, agar anda bisa berada pada posisi yang baik dalam proses persalinan yang akan anda hadapi. Posisi yang paling ideal dalam proses persalinan adalah yang mendukung kelahiran kepala bayi, yang tidak menghambat atau menghalangi pintu jalan lahir bagi bayi dan yang tidak menambah resiko lain yang ditimbulkan akibat dari proses persalinan, misalnya untuk mencegah robekan jalan lahir ketika bayi lahir.

Adapun posisi yang baik saat proses persalinan adalah:

  • Meletakkan bokong pada alas dasar tempat tidur anda saat akan bersalin
  • Kemudian melipat lutut sehingga lutut nampak sejajar dengan telapak kaki anda.
  • Kemudian regangkan antara kedua paha anda sejauh mungkin sehingga tidak menghalangi pintu jalan lahir bagi bayi yang akan lahir.
  • Kemudian letakkan tangan anda pada paha bagian bawah pada posisi anda saat itu. Pada saat mengejan, tetaplah rileks, jangan membuat tubuh anda menjadi kaku.
  • Lemaskan tubuh anda (rileks) dan tarik kedua paha anda sambil mengejan kuat. Dan jangan sekali-kali anda mengangkat bokong saat anda mengejan, karena mengangkat bokong saat berkuat atau mengejan bisa membuat jalan lahir robek atau memperparah robekan jalan lahir saat melahirkan.

Bunda suka dengan artikel Posisi Yang Baik Saat Menjalani Proses Persalinan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tips Rileks Menjelang Persalinan. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Posisi Yang Baik Saat Menjalani Proses Persalinan. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Posisi Yang Baik Saat Menjalani Proses Persalinan, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/posisi-yang-baik-saat-menjalani-proses-persalinan/