Diawal kelahirannya, bayi telah memiliki beberapa reflex yang penting dalam kehidupannya. BayI  memilki reflek saat lahir yang membantunya untuk  menyusuaikan diri hidup diluar rahim. Salah satu yang terpenting adalah reflek menghisap. Ketika bibir tersentuh, bayi akan langsung melakukan gerakan menghisap menyentuh mulut-mulut langit bayi. Refleks yang muncul biasanya sebagai tanda transisi untuk membantunya tetap hidup dan mempelajari apa yang dibutuhkannya agar bisa bertahan hidup.

Refleks pada bayi terjadi dan bersifat spontan, sebagai respons otomatisterhadap rangsangan dari luar atau dalam. Gerak refleks merupakan suatu tanda dalam membangun kecerdasan dan dasar dari koordinasi fisik  bayi.

Apa sajakah reflex pada bayi yang perlu diketahui?

  • Refleks Menghisap. Refleks ini sudah ditunjukkan bayi sejak dalam kandungan, dimana bayi mulai suka menghisap jarinya terutama ibu jari. Refleks ini berguna, bila bayi disodorkan payudara Ibu, bayi akan menghisapnya. Refleks ini berkaitan dengan Refleks yang menunjang bayi mendapat asupan dan menunjang rasa nyaman bayi.
  • Refleks Moro/ Refleks Kejut. Refleks bila bayi mendengar suara keras atau dikejutkan sesuatu secara tiba-tiba, bayi akan membelalakkan matanya, menengadahkan kepala kebelakang, tangannya akan membuka disertai kakinya yang terjulur lalu bayi akan menangis keras. Refleks ini akan menghilang pada usia diatas 2 bulan. Refleks ini adalah Refleks bayi bila merasa terancam.
  • Refleks Leher Tonik. Muncul bila kepala bayi missal dimiringkan ke kanan, kaki kanan bayi akan menjadi lurus, dan kaki kiri bayi akan membengkok. Begitu juga sebaliknya. Reflek ini berkaitan erat dengan system kordinasi otak bayi, dan akan hilang dalam usia 6 bulan.
  • Refleks Rooting. Refleks ini muncul bila ada apapun yang menyentuh pipi atau kanan-kiri mulut bayi, mulut bayi akan mengejarnya. Refleks ini sejalan dengan Refleks menghisap, yaitu untuk mendapat asupan. Namun, terkadang suka disalah artikan , Refleks rooting ini dianggap bayi terus lapar bila disentuhkan jari ke sisi mulut bayi. Refleks ini akan hilang saat bayi berusia diatas 4 bulan.
  • Refleks memegang (grasping). Refleks ini adalah bila Anda meletakkan jari pada bayi, bayi akan menggenggamnya erat. Refleks ini akan berangsur menghilang setelah bayi berusia 5-6 bulan.
  • Refleks Berjalan (stepping). Refleks ini muncul bila Anda menyangga bayi dibawah lengannya, lalu telapak kaki bayi disentuhkan pada dasar yang datar, kaki bayi yang satu akan meletakkan kaki didepannya seperti posisi ingin melangkah. Refleks ini akan hilang dalam usia 2 bulan.

Bunda suka dengan artikel Reflex Bayi Yang Perlu Diketahui ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Kandungan Pada Kolostrum. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Reflex Bayi Yang Perlu Diketahui. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Reflex Bayi Yang Perlu Diketahui, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/reflex-bayi-yang-perlu-diketahui/