Relaksasi adalah semua kegiatan yang dapat mengendurkan saraf-saraf yang tegang. Bagi Anda yang senang bepergian, bisa melakukan relaksasi dengan berjalan-jalan atau mencari suasana lain. Proses persalinan yang sangat melelahkan tentu membuat ibu membutuhkan beberapa perawatan diri. Perawatan diri ini selain untuk relaksasi juga mampu mengembalikan kondisi tubuh ibu yang menurun setelah melalui masa-masa tersebut.

Tanpa disadari pada masa nifas, anda akan mengalami beberapa tekanan dalam mengurus semua masalah yang harus anda hadapi dalam masa nifas. Perasaan cemas, takut dan sebagainya akan menyelimuti perasaan anda. Mungkin saja anda pernah berfikir apakah itu semua akan bisa anda lalui dengan baik. Dan itu akan membuat fikiran anda terbebani atas apa yang akan anda hadapi di hari-hari selanjutnya. Oleh sebab itu, relaksasi pada masa nifas menjadi sangat penting dilakukan oleh ibu dalam masa nifas.

Relaksasi masa nifas bisa dilakukan dengan senam hamil. Senam nifas adalah latihan gerak yang dilakukan secepat mungkin setelah melahirkan, supaya otot-otot yang mengalami peregangan selama kehamilan dan persalinan dapat kembali kepada kondisi normal seperti semula.

Tips untuk relaksasi pada masa nifas:

  • Carilah suasana yang paling nyaman dan aman bagi anda.
  • Bernapaslah dengan tenang. Tariklah napas perlahan dan dalam, lalu hembuskan pelan-pelan melalui mulut, hingga dada terasa lapang. Ulangi beberapa kali hingga tubuh terasa rileks.
  • Tenangkan fikiran anda dan fokuslah pada apa yang anda lakukan saat ini. Menenangkan pikiran berarti juga dapat membuat tubuh jadi rileks. Dalam hal ini dibutuhkan kesabaran dan ketekunan. Sebelum mulai, ciptakan suasana tenang di sekitar Anda. Bila perlu, putar musik yang lembut. Tutup mata Anda, lalu berkonsentrasi dan bernapaslah secara teratur. Biar tubuh betul-betul rileks dan Anda pun merasakan ketenangan dan kedamaian dalam tubuh anda. Setelah itu, sebarkan perasaan ini ke seluruh tubuh. Lakukan latihan selama sekitar 20 menit, lalu secara perlahan-lahan bukalah mata untuk menyelesaikan latihan.
  • Ulangilah latihan-latihan ini bila Anda mulai resah atau takut akan masa-masa nifas anda. Makin sering berlatih, makin mudah pula Anda mencapai keadaan rileks dan, serta berbagai stres  akan lebih mudah anda lupakan.
  • Jika ada luka jahitan pada vagina anda, sebaiknya lakukan secara lebih hati-hati dalam mengambil posisi yang tepat.

Bunda suka dengan artikel Relaksasi Tubuh Ibu Nifas ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Yang Perlu Diperhatikan Selama Masa Nifas?. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Relaksasi Tubuh Ibu Nifas. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Relaksasi Tubuh Ibu Nifas, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/relaksasi-tubuh-ibu-nifas/