Setelah sebelumnya kita membahas tentang bagaimana tips bersetubuh agar cepat hamil, kali ini kita akan membahas tentang tanda awal kehamilan setelah berhubungan.

Melihat hadirnya tanda awal pada kehamilan ini merupakan sebuah langkah penting bagi Bunda yang sedang merencanakan untuk hamil. Kenapa? Karena dengan mengetahui tanda-tanda awal berikut ini Bunda tidak akan mengalami kekhawatiran berlebihan atau juga pertanyaan-pertanyaan yang mungkin sangat biasa ditanyakan.

Misalnya di salah satu komentar blog ini ada yang bertanya : “Dok, saya mengalami kepala pusing, mual dan seluruh badan capek. Namun setelah diuji dengan test pack, ternyata tidak positif.. “

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini tidak akan muncul jika Bunda telah mengetahui tanda-tanda kehamilan awal setelah berhubungan. Pada artikel sebelumnya saya juga pernah membahas mengenai tanda-tanda kehamilan awal. Tapi tak apalah jika kita melihat lagi tentang masalah tersebut.

Tanda Awal Kehamilan Setelah Berhubungan

Berikut ini tanda-tanda awal kehamilan yang muncul mungkin beberapa hari atau beberapa pekan setelah Anda berhubungan badan dengan pasangan. Tanda-tanda ini bisa muncul secara bersamaan, namun bisa juga hanya salah satu atau beberapa saja. Dengan mengetahui tanda kehamilan ini, Bunda akan lebih mudah menentukan persiapan apa saja yang harus dilakukan.

Tanda Awal Kehamilan #1 : Terlambat Haid. Terlambat haid atau tidak mendapat haid sama sekali merupakan salah satu tanda bahwa seseorang hamil. Meski begitu, tak ada jaminan bahwa setiap orang yang terlambat haid telah berhasil dalam program kehamilan yang dia lakukan. Haid bisa saja terlambat disebabkan oleh beberapa hal lain misalnya kelelahan, mengkonsumsi pil KB, menyusui atau hal lainnya. Jika Anda tidak haid setelah berhubungan badan, segera lakukan test pack untuk mengetahui keberhasilan program hamil yang Anda lakukan.

Tanda Awal Kehamilan #2 : Pendarahan atau Munculnya Flek. Biasanya 6 hingga 12 hari setelah berhubungan, embrio akan melekatkan diri pada dinding rahim. Pelekatan ini akan memunculkan efek pendarahan atau flek yang kadang disertai dengan kram pada bagian perut. Meski begitu, pendarahan ini jauh lebih ringan dari saat haid, dan mungkin lebih singkat. Pendarahan atau munculnya flek juga bisa terjadi karena hal lain.

Tanda Awal Kehamilan #3 : Payudara Berubah. Beberapa perubahan juga akan terjadi pada payudara saat pembuahan berhasil terjadi dalam rahim. Bentuk payudara akan membesar, lebih lunah, serta akan terasa sakit jika disentuh. Selain itu warna aerola, yakni kulit di sekitar puting payudara akan terlihat lebih gelap dan sangat jelas batasannya. Nah, jika ini terjadi segera periksakan diri ke bidan. Semoga berhasil dengan program hamilnya. Aaamiinn…

Tanda Awal Kehamilan #4 : Ngidam. Ngidam ini bisa saja terjadi pada beberapa orang, namun tidak pada orang lainnya. Ngidam berarti selalu ingin meminta sesuatu yang tidak biasanya. Misalnya tiba-tiba tengah malam ingin makan pecel Lele. Lah, dah lewat jam 2 malam mana ada warung pecel yang buka?! Haha … Ngidam juga biasanya lebih pada makanan-makanan yang kecut, seperti kadondong, mangga, atau buah-buahan lain. Namun tidak semua orang melewati proses ini, karena ada juga yang tidak merasakan perubahan ketika awal kehamilannya.

Tanda Awal Kehamilan #5 : Morning Sickness. Morning sickness atau yang dikenal dengan mual dan muntah adalah perasaan tidak nyaman dalam perut Bunda yang sedang mengandung pada awal trimester pertama. Disebut morning sickness karena biasanya rasa mual dan pengen muntah ini terjadi pada pagi hari. Untuk menghindari mual dan muntah ini, Bunda dapat mencoba mengkonsumsi susu prenagen esensis untuk wanita hamil dengan formula anti mual. Biasanya sih banyak yang cocok.

Tanda Awal Kehamilan #6 : Kelelahan, Sakit Punggung dan Sakit Kepala. Kelelahan pada ibu hamil pada awal trimester pertama dapat terjadi karena meningkatkan produksi hormon progesteron yang memperlambat proses metabolisme di dalam tubuh. Hal ini juga dapat disertai dengan sakit punggung atau juga sakit kepala secara bersamaan. Rasa sakit ini biasanya akan jarang terjadi lagi pada usia masuk ke bulan ke empat. Untuk menghindari hal ini, disarankan bunda yang sedang hamil muda untuk mengurangi tingkat aktivitas.

Tanda Awal Kehamilan #7 : Sering Pipis. Jika dinalar secara logika, sering pipis memang sangat wajar terjadi pada Bunda yang sedang mengandung. Hal ini karena kandung kemih mendapatkan tekanan dari rahim yang mulai membesar untuk perkembangan janin. Biasanya kebiasaan sering pipis ini akan terjadi hingga beberapa bulan kemudian. Jika memang terjadi, jangan sering ditahan, bisa bahaya.

Nah, demikianlah tanda awal kehamilan setelah berhubungan. Semoga bermanfaat untuk Bunda sekalian. Jika ada yang kurang jelas tentang artikel ini, mari kita berdiskusi dengan meninggalkan komentar di bagian bawah posting ini.


Bunda suka dengan artikel Tanda Awal Kehamilan Setelah Berhubungan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tips Bersetubuh Agar Cepat Hamil. Semoga bermanfaat...

Jangan dibiarkan!! Bisa menghambat keberhasilan Program Hamil Anda.
CRYSTAL X SOLUSINYA... Gratis Ongkos Kirim ke JABODETABEK
plusone  twitter  facebook Share
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Tanda Awal Kehamilan Setelah Berhubungan. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Tanda Awal Kehamilan Setelah Berhubungan, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/tanda-awal-kehamilan-setelah-berhubungan/