Tanda Awal kehamilan. Mungkin sebagian dari anda terutama para pasangan muda lebih banyak yang kurang memahami tentang tanda-tanda kehamilan. Karena memang sebenarnya tanda awal kehamilan sangat mirip dengan tanda-tanda haid, seperti payudara membengkak, timbul flek, dan rasa kram diperut. Apabila anda tidak segera tahu itu adalah tanda kehamilan bukannya haid mungkin akan mencelakakan diri anda sendiri, karena aktivitas sehari-hari anda mungkin akan mencelakakan kehamilan anda.

Tanda Awal Kehamilan

Untuk menghindari hal seperti itu ada baiknya anda membaca dan memahami tanda – tanda kehamilan dibawah ini :

Tanda Awal Kehamilan #1 : Keterlambatan menstruasi

Terlambatnya menstruasi  ini merupakan tanda paling umum yang banyak orang telah tahu, apabila anda sudah sering menstruasi  secara berkala,telatnya haid  lebih dari  satu minggu sudah harus dicurigai dengan melakukan uji tes kandungan. Alat uji kandungan bisa anda dapatkan di apotek dan juga supermakerket karena alat ini diperjual belikan secara bebas. Tapi apabila anda  sudah terbiasa dengan menstruasi yang tidak rutin mendapatkan bisa diakibatkan karena terlalu memikirkan banyak hal, pola makan yang salah dan terlalu lelah. Meskipun begitu anda juga perlu melakukan uji tes kandungan  apabila anda mendapatkan keterlamabatan haid.

Tanda Awal Kehamilan #2 : Nafas lebih terasa pendek

Tanda ini bisa dirasakan apabila anda melakukan rutinitas yang memang biasa anda lakukan tetapi terasa semakin lebih berat  nafasnya dan membuat anda terengah – engah dalam mengatur pernafasan. Hal Ini juga bisa menjadi pertanda bahwa anda saat ini anda sedang hamil. Hal ini dikarenakan janin yang saat ini mulai berkembang didalam kandungan Anda juga membutuhkan oksigen untuk pernafasan,sang janinpun menggunakan jatah oksigen yang seharusnya milik anda.

Tanda Awal Kehamilan #3 : Perut kembung dan sembelit disertai sakit kepala

Susah buang air besar atau sembelit biasanya terjadi saat wanita sedang mengandung dikarenakan hormone progrestron akan mengalami peningkatan dan proses pencernaan akan melambat. Dan Sebagian wanita hamil juga mengeluh tentang sakit kepala oleh karena itu hati-hatilah dalam memilih obat yang tepat untuk sakit kepala karena akan sangat member dampak terhadap janin yang berada di kandungan.

Tanda Awal Kehamilan #4 : Sering merasa capek

meningkatnya hormone progresterone dalam tubuh mengakibatkan anda gampang merasa lelah. Hormone progresterone sendiri adalah perasaan umum dari sistem saraf yang membuat  tubuh mudah merasakan kantuk. Ada juga trismester pertama tubuh yang bisa membuat tubuh berusaha jauh lebih berat mendorong hormone dan berusaha untuk memproduksi  banyak darah yang digunakan untuk member asupan nutrisi untuk janin. Dan rasa khwatir akan ikut campur  saat anda hamil. Disarankan mengambil banyak waktu luang untuk mengistirahatkan badan dan mengkonsumsi makanan bergizi.

Tanda Awal Kehamilan #5 : Payudara berubah

Perubahan fisik adalah perubahan paling menonjol  saat hamil. Tanda kehamilan yang paling banyak diketahui adalah berubahnya payudara . Biasanya ukuran payudara akan tumbuh dan membuat besar, payudara juga terasa menjadi beban karena terjadinya perubahan, sakit atau nyeri apabila di pegang dan areola atau daerah kecokelatan di sekitar puting payudara akan lebih hitam  dan lebar. Hal ini disebabkan karena meningkatnya produksi hormone esterogen dan progresterone juga  untuk mempersiapkan ibu dalam memberi ASI si calon bayi

Tanda Awal Kehamilan #6 : Terdapat rasa aneh di mulut

Indra perasa dan penciuman juga akan berubah ketika anda sedang hamil ini akibatnya perubahan hormone yang terjadi di dalam tubuh. Hal inilah yang membuat orang hamil tidak suka makan dan hanya mau makanan tertentu atau ngidam, atau tiba – tiba anda kehilangan selera makan pada makanan favorit anda. Anda harus mensiasati perubahan selera makan ini dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi yang tidak banayk tetapi dalam skala sering . Ini adalah hal penting yang wajib dilakuakan agar janin dalam kandungan tetap mendapatakan nutrisi yang cukup.

Tanda Awal Kehamilan #7 : Timbulnya  bintik di  perut

Sekitar satu bulan usia pada kehamilan,  flek  akan muncul hal ini  dikarenakan karena didalam rahim telah terdapat pembuahan pada sel telur.pembuahan  Sel telur akan melepaskan darah  yang tertempel di dinding rahim. Yang perlu diketahui adalah bintik ini  terjadi pada saat kehamilan dimulai. Warna flek ini sedikit lebih terang daripada darah menstruasi yang gelap. Selain itu bercak  ini akan terjadi lebih dulu daripada jadwal menstruasi anda.

Tanda Awal Kehamilan #8 : Morning sickness

Merupakan rasa tidak nyaman di pagi hari, ini adalah gejala umum yang dialami oleh wanita hamil. Morning sickness sendiri tejadi akibat reaksi berubahnya hormone di dalam darah sehingga menimbulkan  rasa sakit dalam perut serta membuat mual . pada saat awal trimester  Rasa mual ini akan sering muncul dan akan segera menghilang seiring dengan bertambahnya usia kandungan anda. Morning sickness ini sebenarnya hanya sebuah istilah yang diasumsikan masyarakat, meskipun dinamakan dengan morning sickness tapi perasaan  mual ini bias juga terjadi pada siang hari maupun malam hari.

Tanda Awal Kehamilan #9 : Ingin selalu buang air kecil

Pada masa kehamilan ginjal anda akan bekerja lebih keras sehingga bisa meproduksi air seni lebih banyak karena berubahnya hormon pada darah bisa membuat putaran darah dalam tubuh ibu hamil meningkat. Saat kehamilan anda semakin membesar, semakin besar pula janin anda dan ini menyebabkan bagian dalam tubuh tertekan termasuk juga kandung kemih. Hal ini menyebabkan kemampuan kandung kemih dalam menampung air seni menjadi lebih  sempit dan akhirnya membuat anda sering ingin buang air kecil. Jangan terlalu khawatir dengan kondisi seperti ini dan anda sangat tidak di anjurkan mengurangi porsi air konsumsi anda agar tidak terjadi dehidrasi

Tanda Awal Kehamilan #10 : Perubahan mood pada wanita hamil

Mungkin anda akan merasakan perubahan mood yang tiba – tiba hinggap pada diri anda. Ini bukan berarti anda seorang yang aneh atau tidak. Tapi ini adalah hal yang umum dan sering terjadi pada wanita hamil, perubahan hormone didalam diri anda yang menyebabkan seringnya perubahan mood.

Diatas adalah tanda – tanda yang biasanya terjadi pada wanita hamil, apabila anda sudah mngalami tanda atau gejala seperti diatas tetapi masih juga belum yakin ada baiknya anda melakukan uji kehamilan sebelum cek kehamilan anda ke dokter. Caranya adalah dengan dilakukan tes untuk menguji kehamilan saat hari pertama anda tidak menstruasi. Air seni yang keluar  pertama kali saat anda terbangun saat pagi bisa menjawab rasa penasaran anda, dengan meneteskannya pada alat uji kehamilan. Ketika hamil maka ada hormone HCG atau Human Chorionuc Gonagotrophin akan meningkat. Selain didalam darah, meningkatnya hormone ini juga terjadi pada aliran air kencing.oleh karena itu tes untuk mengetahui kehamilan dilakukan dengan air seni.

Dan yang terakhir jangan sampai anda tertipu dengan gejala hamil palsu. Tanda kehamilan seperti terlambat menstruasi memang bisa menjadi patokan tentang kehamilan. Serta segera lakukan test pack. Dengan cara ini, anda bisa mengetahui dengan cepat dan akurat apakah anda memiliki tanda kehamilan yang nyata atu hanya sugesti dan bisa mengakibatkan emosi labil. Jadi jangan terlalu ambisius apabila anda mempunyai tanda – tanda seperti di atas.

Baca juga tentang Cara menghitung usia kehamilan dan vitamin agar cepat hamil

Bunda suka dengan artikel Tanda Awal Kehamilan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Menghitung Usia Kehamilan. Semoga bermanfaat...

Jangan dibiarkan!! Bisa menghambat keberhasilan Program Hamil Anda.
CRYSTAL X SOLUSINYA... Gratis Ongkos Kirim ke JABODETABEK
plusone  twitter  facebook Share
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Tanda Awal Kehamilan. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Tanda Awal Kehamilan, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/tanda-awal-kehamilan/