Tanda Kehamilan Awal. Di artikel 12 Tanda Kehamilan (Bag. 1) kita telah membahas tentang 6 tanda Anda hamil, diantaranya adalah terjadinya perubahan pada payudara, muncul bercak darah, mual dan muntah, sering buang air kecil, pusing dan sakit kepala, serta merasa lelah dan sangat mengantuk. Kali ini kita akan melihat 6 tanda lain yang memperlihatkan bahwa Anda beneran hamil.

Tanda Awal Kehamilan

Berikut ini adalah tanda kehamilan awal yang selalu dirasakan oleh wanita.

7. Sembelit

Peningkatan hormon progesterone selama masa kehamilan bisa menyebabkan sembelit. Hal ini dikarenakan selain mengendurkan otot-otot rahim, hormon tersebut juga mengendurkan otot dinding usus. Namun di sisi lain keadaan ini justru menguntungkan karena penyerapan nutrisi selama masa kehamilan menjadi semakin maksimal.

Selain diakibatkan oleh perubahan hormonal, sembelit juga disebabkan oleh pengonsumsian suplemen. Bila Anda mengkonsumsi suplemen secara berlebihan, Anda bisa terserang wasir. Oleh karena itu, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan suplemen.

8. Sering Meludah

Saat hamil, produksi air liur Anda semakin meningkat sehingga Anda menjadi kesulitan dalam mengunyah makanan. Selain itu, produksi air liur yang berlebihan juga menyebabkan gigi terganggu dan gusi menjadi bengkak. Biasanya kondisi ini terjadi pada usia kehamilan trimester pertama akibat perubahan hormon estrogen. Namun setelah usia kehamilan akan memasuki trimester ketiga, gejala tersebut menghilang. Untuk mengatasi kebiasaan sering meludah Anda dapat mengunyah biskuit atau roti dan ngemut permen.

9. Temperatur Tubuh Meningkat

Sejak terjadinya ovulasi di masa subur, suhu tubuh Anda akan meningkat. Dan hal ini akan terjadi selama masa kehamilan.

10. Kaki Bengkak

Saat usia kehamilan Anda memasuki trimester ketiga kaki Anda akan menjadi bengkak. Hal ini disebabkan karena penahanan air dan garam karena gestosis. Selain itu bagian terendah bayi mulai masuk pintu atau panggul, sehingga menekan pembuluh dareah Anda. Untuk mengatasi bengkak ringan pada kaki, Anda dapat tidur dengan posisi kaki lebih tinggi dan mengurangi konsumsi garam. Tetapi, jika pembengkakan kaki bersifat abnormal yang disertai dengan skait kepala, pandangan kabur, dan protein dalam air kencing meningkat maka harus segera memeriksakan diri ke dokter.

11. Varises

Varises sering terjadi karena pembesaran pembuluh darah sehingga tampak dari luar. Sebagian besar varises terjadi pada kehamilan berulang, yaitu kehamilan di atas tiga kali. Varises disebabkan oleh hormon kehamilan, selain juga karena faktor keturunan. Varises mengakibatkan thrombosis, sehingga menimbulkan gangguan pada sirkulasi darah. Untuk mengatasinya, Anda dapat memakai stocking ketat atau kaus kaki nilon panjang hingga paha.

12. Kram Betis

Saat hamil muda, kemungkinan besar Anda akan mengalami kram betis. Hal ini disebabkan karena kekurangan beberapa vitamin atau mineral tertentu, seperti vitamin E, vitamin B Kompleks serta kalsium. Pada kasus kram, Anda dapat mengatasinya sendiri tanpa harus memeriksakannya ke dokter. Caranya yaitu memijat bagian tubuh yang kram dengan menggunakan minyak gosok. Selain itu sebagai tambahan Anda perlu mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang lebih banyak.

Semoga 12 tanda kehamilan awal ini segera berakhir, berganti dengan kebahagiaan karena kelahiran bayi Anda. Amin.

Bunda suka dengan artikel 12 Tanda Kehamilan Awal (Bag. 2) ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang 12 Tanda Kehamilan Awal (Bag. 1). Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang 12 Tanda Kehamilan Awal (Bag. 2). Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel 12 Tanda Kehamilan Awal (Bag. 2), dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/tanda-kehamilan-awal/