Seorang wanita yang sudah di diagnosis menderita endometriosis oleh dokter sangat penting untuk segera melakukan tindakan pengobatan. Apalagi wanita dengan endometriosis memiliki keterbatasan fertilitas dibandingkan wanita normal, Namun bagi penderita hendaknya jangan terlalu stress dan tetap rileks dan yakin kepada Allah bahwa segala penyakit pasti ada obatnya, begitupun dengan penyakit endometriosis, berikut ini adalah cara pengobatan endometriosis.

Bila disminorea yang berat terjadi pada seorang pasien muda, kemungkinana bermacam-macam tingkat sumbatan pada aliran haid harus dipertimbangkan.kemungkinan munculnya suatu tanduk rahim yang tumpul pada rahimbikornuata atau sebuah sumbatan septum rahim atau vaginal harus diingat.dilatasi serviks untuk memungkinkan pengeluaran darah haid yang lebih mudah pada pasien dengan tingkat disminorea  yang hebat.

  1. Cara pembedahan

Pada endometriosis sedang atau berat mungkin perlu dilakukan pembedahan. Endometriosis diangkat sebanyak mungkin, yang seringkali dilakukan pada prosedur laparoskopi. Pembedahan biasanya dilakukan pada kasus berikut:

  • Bercak jaringan endometrium memiliki garis tengah yang lebih besar dari 3,8-5 cm
  • Perlengketan yang berarti di perut bagian bawah atau panggul
  • Jaringan endometrium menyumbat salah satu atau kedua tuba
  • Jaringan endometrium menyebabkan nyeri perut atau panggul yang sangat hebat, yang tidak dapat diatasi dengan obat-obatan.
  • Untuk membuang jaringan endometrium kadang digunakanelektrokauter atau sinar laser. Tetapi pembedahan hanya merupakan tindakan sementara, karena endometriosis sering berulang.
  • Ovarektomi (pengangkatan ovarium) dan histerektomi (pengangkatan rahim) hanya dilakukan jika nyeri perut atau panggul tidak dapat dihilangkan dengan obat-obatan dan penderita tidak ada rencana untuk hamil lagi.
  • Setelah pembedahan, diberikan terapi sulih estrogen. Terapi bisa dimulai segera setelah pembedahan atau jika jaringan endometrium yang tersisa masih banyak, maka terapi baru dilakukan 4-6 bulan setelah pembedahan.
  1. Cara pengobatan

Pengobatan endometriosis bisa dilakukan dengan pilihan pengobatan sebagai berikut:

  • Obat-obatan yang menekan aktivitas ovarium dan memperlambat pertumbuhan jaringan endometrium.
  • Pembedahan untuk membuang sebanyak mungkin endometriosis
  • Kombinasi obat-obatan dan pembedahan
  • Histerektomi, seringkali disertai dengan pengangkatan tuba fallopi dan ovarium.

Bunda suka dengan artikel Tindakan Yang Tepat Menghadapi Endometriosis ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tips Memilih Pembalut Yang Aman. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Tindakan Yang Tepat Menghadapi Endometriosis. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Tindakan Yang Tepat Menghadapi Endometriosis, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/tindakan-yang-tepat-menghadapi-endometriosis/