Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa keputihan adalah berupa cairan yang keluar dari vagina yang barupa lendir berwarna putih agak kental dengan bau yang kurang sedap, keputihan adakalanya dapat menyebabkan rasa gatal dan menurut cara terjadinya keputihan ada dua jenis yaitu keputihan patologis dan keputihan fisiologis.

Keputihan biasanya terjadi pada saat menstruasi. Sedangkan untuk keputihan yang normal/keputihan fisiologis (tidak disertai dengan penyakit) cairan yang keluar akan lebih encer dan tidak berbau, jumlahnya pun sedikit. Sedangkan untuk keputihan yang tidak normal/keputihan yang disertai dengan penyakit (keputihan patologis) itu akan berbau, dan menyebabkan rasa gatal serta menimbulkan bercak dan keluarnya dalam jumlah yang banyak.

Penyebab keputihan secara umum adalah karena adanya penyakit penyakit tertentu, lebih sering membasuh kemaluan dengan tisu setelah buang air kecil (tidak menggunakan air bersih), membilas vagina dengan arah yang salah, stress, karena penggunaan sabun yang semabarangan untuk membasuh vagina, karena tempat tinggal yang lembab, karena adanya ketidakseimbangan hormon, karena pakaian atau celana yang ketat dan terbuat dari sintetic, kelelahan yang berlebihan, karena menggunakan pembalut kotor dalam jangka waktu yang lama, dan kadar gula yang tinggi.

Tips Mengatasi Keputihan

Beberapa pengobatan bisa anda lakukan untuk mengatasi keputihan antara lain adalah :

  • Dengan menggunakan kunyit

Siapkan 20 gram kunyit yang sudah di potong potong dan dicuci bersih, 10 gram daun sambiloto kering, dan 15 gram kulit delima kering. Semua bahan tersebut direbus dengan menggunakan kurang lebih 800 cc airdan sisakan sekitar 300 cc, kemudian saring dan konsumsi sehari dua kali.

  • Makanan yang mengandung probiotik

Probiotik secara alami memiliki bakteri sehat, yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan usus dan saluran pada organ kewanitaan. Probiotik lebih berfungsi untuk mengurangi infeksi dan pertumbuhan berlebih dari jamur buruk yang dapat menjadi penyebab keputihan.

  • Kulit pohon ara dan pohon beringin

Keduanya sudah berupa serbuk halus, ambil masing masing satu sendok makan kemudian rebus dengan satu liter air hingga berkurang setengahnya, air sisa rebusan tadi gunakan untuk menyemprot atau dipercikkan ke vagina dengan rebusan air hangat untuk tetap menjaga organ kewanitaan tetap sehat

  • Daun sirih

Daun sirih sudah dipercaya dapat mengurangi rasa gatal dan bau yang ditimbulkan keputihan, caranya yaitu rendam daun sirih ke dalam air panas, lalu diamkan sampai air menjadi dingin, gunakan untuk membasuh vagina setiap hari pagi dan sore.

Bunda suka dengan artikel Tips Mengatasi Keputihan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Perbedaan Efek KB Suntik 1 Bulan Dan Suntik 3 Bulan. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Tips Mengatasi Keputihan. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Tips Mengatasi Keputihan, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/tips-mengatasi-keputihan/