Olahraga bagi ibu hamil tetap dapat menyehatkan dan tidak membahayakan jika dilakukan dengan tepat. Ibu hamil yang berolahraga secara teratur akan mengalami kenaikan berat badan dan lemak tubuh yang lebih rendah dibandingkan ibu hamil yang kurang aktif. Berat badan akan tetap naik secara normal dan janin dalam keadaan sehat. Olahraga merupakan kebutuhan bagi tiap tubuh untuk mempertahankan stamina dan kebugaran jasmani.

Aktivitas olahraga yang dilakukan wanita sebelum masa kehamilannya akan membuat tubuh selalu bugar dan cukup baik dapat mempersiapkan fisik untuk mengandung dan melahirkan. Sedang olahraga yang dilakukan saat hamil akan membantu menguatkan otot-otot dan melindungi persendian serta tulang belakang. Ibu hamil yang aktif berolahraga, akan semakin kecil kemungkinan untuk menderita rasa kaku dan sakit selama kehamilannya. Namun demikian perlu dilakukan secara tepat agar kehamilannya pun terjaga dengan baik.

Bagaimana tips olahraga yang tepat bagi ibu hamil?

Berikut tips olahraga bagi ibu hamil yang perlu diperhatikan saat melakukan beberapa  jenis dan cara olahraga yang tepat.

  • Jangan melakukan olahraga hingga kelelahan. Sewaktu olahraga, anda harus tetap bisa menghirup udara pernafasan secara normal, karena jika anda sampai mengalami kesulitan bernafas, maka janin anda pun juga akan mengalaminya.
  • Pada puncak olahraga yang anda lakukan, hitunglah detak jantung anda. Detak jantung tidak boleh melebihi 140 detakan per menit.
  • Anda dapat berolahraga dengan jalan kaki. Lakukan berjalan secara perlahan selama 20 menit per hari. Lakukan secara rileks, jangan memikirkan jarak ataupun kecepatan yang harus anda tempuh.
  • Ikutilah kelas senam ibu hamil, carilah seseorang yang bisa memandu anda untuk melakukan gerakan-gerakan senam hamil.
  • Olahraga secara teratur lebih baik daripada olahraga yang dilakukan hanya sekali-sekali. Ajaklah teman yang dapat mendukung kegiatan olahraga anda menjadi teratur.
  • Salah satu olahraga yang dianjurkan bagi ibu hamil hingga menjelang hari persalinan adalah berenang. Anda bisa melakukan berenang secara perlahan-lahan dan hindari air dingin.
  • Apapun jenis olahraga yang anda pilih, selalu lakukan pemanasan terlebih dahulu, misalnya berjalan santai sekurang-kurangnya selama 5 menit.
  • Sebelum memulai olahraga, sebagai permulaan tarik nafas secara dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan-lahan. Lakukan beberapa kali untuk melancarkan peredaran darah ke suluruh tubuh guna untuk mendapatkan pasokan oksigen.
  • Lakukan pendinginan atau peregangan sebelum menyudahi olahraga.
  • Minum air putih sebelum dan sesudah olahraga dan saat diperlukan ketika olahraga maka, berhentilah sejenak untuk minum.
  • Jangan berdiri dengan posisi jinjit terlalu lama untuk menghindari kejang.
  • Jika merasakan gejala-gejala  aneh yang menimbulkan rasa tidak nyaman atau bahkan sakit dalam tubuh saat olahraga ataupun setelah olahraga, maka segera temui dokter anda untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Semoga bermanfaat ya Bunda …

Bunda suka dengan artikel Tips Olahraga Bagi Ibu Hamil ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Beberapa Makanan Penyubur Rahim. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Tips Olahraga Bagi Ibu Hamil. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Tips Olahraga Bagi Ibu Hamil, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/tips-olahraga-bagi-ibu-hamil/