Tidak kita pungkiri proses persalinan merupakan masa-masa yang mendebarkan bagi wanita hamil, terutama jika itu adalah akan menjadi pengalaman pertamanya. Meskipun suatu proses yang alami, namun rasa sakit yang timbul saat-saat menjelang persalinan akan menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian wanita. Selain itu, karena banyaknya pula kasus-kasus persalinan yang terkendala akibat penyulit-penyulit dalam persalinan. Akibat penyulit persalinan, sehingga banyak pula kasus persalinan melalui operasi sesar, vakum, cunanm, dan sebagainya. Tentu hal tersebut menjadi cerita suram bagi wanita yang akan melahirkan.

Kelahiran merupakan suatu peristiwa yang akan selalu dinantikan oleh pasangan yang telah menikah. Saat-saat menjelang persalinan, tentu perasaan campuraduk sedang menyelimuti perasaan wanita tersebut, antara takut, cemas, dan bahagia menyambut kelahiran putra atau putrinya.

Untuk itu perlu diketahui, bagi wanita yang akan melahirkan perlu adanya relaksasi agar fikiran bisa focus dan perasaan tenang dalam menghadapi persalinan. Ketahuilah, bahwa perasaan atau psikologi kita pun ikut berperan penting dalam kelancaran proses persalinan yang akan dilalui. Perasaan takut, cemas dan sebagainya akan mempengaruhi jalannya proses persalinan tersebut. Untuk itulah, saat menjelang persalinan usahakan tetap rileks terhadap peristiwa yang akan dilalui.

Tips rileks saat menjelang persalinan:

  • Perbanyak dzikir dan do’a, agar sekiranya Tuhan yang maha kuasa berkenan memudahkan segala urusan yang akan kita hadapi. Dengan dzikir dan do’a juga merupakan sarana untukmendekatkan diri pada yang maha kuasa.
  • Fikirkan, bahwa persalinan merupakan suatu proses yang alami terjadi pada wanita, dan semua orang akan bisa melalui proses tersebut. Dengan demikian, maka akan timbul rasa optimis bahwa anda pun akan bisa melaluinya secara alami.
  • Perbanyak membaca buku-buku tentang persalinan yang sekiranya akan memberikan gambaran umum mengenai proses yang akan anda lalui.
  • Perbanyak silaturrahmi, walaupun hanya dengan mengirimkan pesan atau melalui telfon, karena hal ini sangat praktis untuk mendapatkan dukungan dan semangat dari kerabat-kerabat anda. Tentu saja dukungan mereka akan sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rasa percaya diri yang maksimal.
  • Mintalah dukungan keluarga anda, dan terutama suami anda untuk mendampingi hingga proses persalinan selesai.
  • Mintalah bantuan keluarga untuk mengelus saat perut anda terasa sakit atau saat kontraksi, hal tersebut akan membuat perasaan anda lebih tenang dibandingkan jika tidak ada sentuhan dalam menahan rasa sakit itu sendiri.
  • Saat kontraksi datang, maka ubahlah posisi anda untuk lebih sering miring ke kiri dan buka salah satu lutut anda ke atas sedangkan yang satunya tetap dalam kondisi membujur.

Bunda suka dengan artikel Tips Rileks Menjelang Persalinan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Senam Bagi Ibu Hamil. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Tips Rileks Menjelang Persalinan. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Tips Rileks Menjelang Persalinan, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/tips-rileks-menjelang-persalinan/