Sebagaimana yang telah saya beritahukan pada artikel Mengenal Proses Terjadinya Kehamilan bahwa terdapat 3 trimester kehamilan, maka di artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang trimester pertama kehamilan. Trimester pertama ini berarti menggambarkan bagaiman perkembangan bayi pada 3 bulan yang pertama sejak terjadi pembuahan.

Perkembangan Bayi pada Trimester Pertama Kehamilan

Trimester pertama kehamilan adalah masa pada Minggu 0 – 12. Pada masa trimester pertama ini terdapat 3 periode penting pertumbuhan bayi di dalam rahim. Ketiga masa pertumbuhan bayi tersebut dapat saya gambarkan sebagai berikut :

a. Masa Germinal, yaitu masa antara Minggu ke-0 sampai Minggu ke-3.

Proses pembuahan sel telur oleh sel sperma terjadi pada minggu ke-2, dimulai sejak hari pertama menstruasi Anda yang terakhir kalinya. Sel telur yang sudah dibuahi tersebut akan mengarah ke sisi lain dari tuba fallopi, kemudian melengketkan diri pada dinding uterus (endometrium).

b. Masa Embrio, yaitu masa antara Minggu ke-3 sampai Minggu ke-8.

Pada masa ini, sistem saraf pusat, struktur anatomi dan organ-organ penting bagi tubuh mulai terbentuk. Misalnya mulai terjadi pembentukan mata, lidah, mulut. Organ hati sebagai penawar racun nantinya juga mulai memproduksi sel darah. Janin yang terbentuk mulai berubah dari sekedar blastosis menadi bentuk embrio yang berukuran sekitar 1,3 cm dengan kepala yang lebih besar dari badan.

Pada minggu ke-6, kumpulan sel (blastosis) berkembang menjadi embrio yang memiliki panjang sekitar 4 mm dan berat kurang dari 1 gram. Wow … Kecilnya! Pada masa ini ciri wanita hamil pun belum dapat dilihat tanpa meraba perutnya. Pada minggu ini organ penting seperti otak, jantung, sistem pencernaan dan juga sistem saraf telah terbentuk. Begitu juga dengan bagian anatomi tubuh lain semisal dada, kepala, tungkai, tulang belakang dan juga lengan.

Pada awal minggu ke-6 jantung hanya berbentuk tabung bengkok yang mirip dengan huruf “S”. Beberapa minggu kemudian tabung tersebut terbagi menjadi 4 bagian yang nantinya kita kenal dengan nama bilik kiri, bilik kanan, serambi kiri dan serambi kanan. Nah, saat dilakukan pemeriksaan melalui USG, embrio ini akan terlihat seperti sedang mengambang dalam cairan. Cairan inilah yang nanti akan menjadi ketuban. Makanan embrio pun didapatkan dari kantong kuning telur primer yang terlihat seperti balon yang melekat pada embrio.

c. Masa Fetus, yakni masa antara Minggu ke-9 sampai Minggu ke-12.

Pada masa ini semua organ penting tumbuh dengan sangat cepat dan memiliki kaitan antara satu dengan lainnya. Aktivitas di dalam otak juga sudah mengalami peningkatan. Itulah sebabnya, bayi mulai mempelajari apa-apa berdasarkan emosional dan kegiatan ibunya. Setelah minggu ke-9, panjang janin sekitar 3 cm dan beratnya mencapai 3 gram. Hampir 4 kali lipat dari ketika usianya masih minggu ke-6. Badan janin pada masa ini mulai tampak lurus. Walaupun masih tertekuk ke depan. Organ pun mulai tampak.

Pada masa inilah embrio telah berubah menjadi janin yang akan berkembang menjadi bayi sempurna. Organ jantung telah memiliki 4 ruang dan berdetak dengan detakan sekitar 180 kali per menit. Meskipun beberapa bagian organ lain belum berfungsi, namun semua bagian tubuh bayi berkembang dengan sangat cepat.

Pada bagian kepala, terdapat dahi yang tinggi, juga ada hidung dan mulut. Selain itu, pergelangan tangan dan jari pun sudah muncul untuk pertama kalinya, disusul terbentuknya peraba pada ujung jari.

Jika Anda menjalani pemeriksaan melalui USG, kepala janin akan tampak lebih besar daripada badannya. Hal ini menunjukkan bahwa otak dan kepala janin tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan organ lainnya. Sedangkan, bentuk tangan dan kaki belum bisa dibedakan karena masih kelihatan serupa. Tapi nantinya pertumbuhan tangan akan lebih cepat daripada pertumbuhan kaki.

Nutrisi Kehamilan Pada Trimester Pertama

Untuk nutrisi pada trimester pertama ini, usahakan Anda mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu berat saja. Makanlah secara biasa, dengan jumlah yang sedikit lebih banyak. Nanti kita akan membahas lagi tentang itu.


Bunda suka dengan artikel Perkembangan Bayi Pada Trimester Pertama Kehamilan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Mengenal Proses Terjadinya Kehamilan. Semoga bermanfaat...

Jangan dibiarkan!! Bisa menghambat keberhasilan Program Hamil Anda.
CRYSTAL X SOLUSINYA... Gratis Ongkos Kirim ke JABODETABEK
plusone  twitter  facebook Share
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Perkembangan Bayi Pada Trimester Pertama Kehamilan. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Perkembangan Bayi Pada Trimester Pertama Kehamilan, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/trimester-pertama-kehamilan/