Untuk Bunda yang tengah merencanakan kehamilan, mencari tahu seputar pembuahan menjadi sangat penting. Ini bisa mendukung kesuksesan berbagai upaya yang Bunda lakukan. Ketika Bunda berkonsultasi pada dokter atau membaca buku-buku tentang kehamilan, maka Bunda akan disarankan untuk melakukan hubungan intim ketika masa subur tiba. Karena pada masa subur inilah pembuahan berpeluang lebih besar untuk berhasil.

Waktu Pembuahan Sel Telur Setelah Berhubungan

Masa subur memang sudah menjadi pengetahuan umum di kalangan wanita, khususnya bagi mereka yang telah menikah. Bagaimana tidak, masa ini adalah masa-masa penting yang dapat membantu keberhasilan program keluarga berencana. Dengan mengetahui masa subur, pasangan dapat mengontrol kapan mereka harus melakukan hubungan intim agar pembuahan sukses terjadi dan momongan lekas ada, atau sebaliknya. Bagi mereka yang telah memiliki banyak anak dan tak ingin menambahnya lagi, tentu mereka tidak akan melakukan hubungan intim saat masa subur tiba. Jadi, bagi Bunda yang belum memahami perihal masa subur ini, ada baiknya Bunda segera mencari tahu.

Kapan Ovulasi Terjadi?

Masa subur wanita pada umumnya terjadi kurang lebih 6 hari dalam satu bulan. Pembuahan kemungkinan akan berhasil ketika Bunda melakukan hubungan intim pada masa ini. Karena pada masa inilah sel telur matang lalu dilepaskan dari rahim yang kemudian menuju tuba fallopi untuk proses pembuahan. Pembuahan terjadi ketika sel sperma berhasil mencapai sel telur.

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda dengan wanita lainnya. Ada yang memiliki siklus menstruasi 26 hari, 28 hari, bahkan ada yang 32 hari. Tapi pada umumnya wanita memilki siklus menstruasi 28 hari dan biasanya ovulasi terjadi pada hari ke-14. Namun ovulasi belum tentu terjadi dalam waktu yang sama di tiap siklusnya. Bunda bisa mendeteksi ovulasi dengan beberapa ciri sebagai berikut, lendir serviks menjadi lebih bening, rasa nyeri di salah satu sisi, dan beberapa ciri lain.

Kapan Waktu Terbaik Untuk Pembuahan?

Di atas sudah dibahas bahwa peluang pembuahan akan lebih besar terjadi pada masa ovulasi (masa subur). Tepatnya sebelum masa ovulasi bukan setelahnya. Masa subur terjadi dimulai dari hari ke-8 (dihitung dari hari pertama menstruasi) hingga hari ke-19. Jadi pada waktu-waktu ini sangat baik jika Bunda melakukan hubungan intim dua hari sekali.

Melakukan hubungan intim di masa subur hanyalah salah satu usaha. Tidak ada jaminan bahwa Bunda akan langsung mendapatkan kehamilan. Yang terpenting adalah terus mencoba, berusaha dan jangan lupa berdoa.

Baca juga tentang mitos agar cepat hamil dan pola hidup sehat agar cepat hamil

***

Bunda suka dengan artikel Waktu Pembuahan Sel Telur Setelah Berhubungan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Meningkatkan Kesuburan Pria Dan Wanita. Semoga bermanfaat...

Jangan dibiarkan!! Bisa menghambat keberhasilan Program Hamil Anda.
CRYSTAL X SOLUSINYA... Gratis Ongkos Kirim ke JABODETABEK
plusone  twitter  facebook Share
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Waktu Pembuahan Sel Telur Setelah Berhubungan. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Waktu Pembuahan Sel Telur Setelah Berhubungan, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/waktu-pembuahan-sel-telur-setelah-berhubungan/