Menstruasi merupakan suatu peristiwa luruhnya lapisan dinding dalam rahim yang mengandung pembuluh darah (endometrium) melalui vagina. Dan lapisan endometrium/rahim ini terbentuk sebagai persiapan jika sel telur dibuahi oleh sel sperma atau konsepsi. Dan jika sel telur tidak buahi maka akan keluar sebagai darah haid bersama lapisan rahim yang meluruh.

Siklus haid merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh setiap wanita remaja dan dewasa, khususnya wanita dalam program kehamilan. Karena siklus haid merupakan salah satu patokan mengenai kesuburan bagi wanita. Siklus haid pada tiap wanita tidak selalu sama, karena respon tubuh slalu berbeda dan memang begitu banyak hal-hal yang bisa mempengaruhi organ dalam tubuh dalam mempengaruhi siklus haid.

Haid yang tidak teratur adalah siklus haid yang tidak menentu dalam tiap bulannya. Misalnya ditandai dengan maju atau mundurnya haid dari jadwal yang ditentukan, sehingga datangnya haid tidak dapat ditentukan waktunya. Haid yang tidak teratur ini bisa terjadi oleh beberapa factor, diantaranya adalah ketidakseimbangan hormone dalam tubuh. Hormone estrogen yang tinggi akan menyebabkan siklus haid menjadi lebih lama, juga bisa menyebabkan tidak terjadi ovulasi, artinya sel telur tidak melepaskan diri dari indungnya untuk siap dibuahi. Terkait pula dengan kondsi berat badan, wanita dengan berat badan berlebih akan cenderung siklus haidnya tidak teratur, dan juga bagi wanita yang melakukan diet ketat. Penyebab lainnya adalah karena kondisi tubuh yang kelelahan dan juga factor psikologi.

Beberapa tips untuk mengupayakan agar haid teratur adalah:

  • Asupan Gizi

Asupan nutrisi tepat untuk kebutuhan gizi tubuh sangat diperlukan. Karena status kualitas dari asupan nutrisi dan gizi mempengaruhi kinerja kelenjar hipotalamus yang memiliki peran mengendalikan kelancaran siklus haid yang ada. Hindari minuman bersoda, minuman keras apalagi rokok, maupun hanya asap rokok saja. Mulailah dengan menjaga pola makan yang berkualitas. Yang penting bukan kuantitasnya, tapi kualitas nutrisi yang ada di setiap makanan atau minuman. Mulailah mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan segar, sayur, gandum dan tinggalkan junk food dan makanan berlemak.Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas,Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol.

  • Hindari Aktifitas Fisik yang Berat

Terlalu lelah adalah salah satu penyebab utama terlambatnya proses siklus haid. Hal ini karena tubuh membutuhkan sejumlah energi untuk meneruskan proses menstruasi secara teratur. Ketika jumlah energi habis karena adanya aktifitas yang berat, maka haid tidak datang tepat pada waktunya. Untuk itu hindarilah kelelahan berlebihan. Tubuh setiap manusia memiliki respon lelah yang berbeda-beda, tergantung dari ketahanan stamina tubuh seseorang. Stamina dapat dilatih dengan berolahraga secara teratur Untuk memulai, cobalah jogging selama 15 menit dahulu, kemudian dilatih untuk menambah waktu minimal hingga 30 menit sehari.

  • Hindari Stres

Di otak manusia, terdapat satu struktur yang disebut hipotalamus. Hipotalamus mengatur berbagai tingkatan hormon, termasuk hormon-hormon reproduksi wanita, yaitu esterogen dan progesteron. Bila seorang wanita berada pada tekanan mental ekstrim seperti stres, maka produksi esterogen dan progesteronnya akan terganggu. Ketidakseimbangan ini dapat  menyebabkan siklus haid tidak teratur. Sama dengan stamina, ambang stres setiap orang juga berbeda- beda tergantung dari kekuatan jiwanya. Kekuatan jiwa berhubungan dengan tubuh yang sehat. Oleh karena itu, dengan melatih tubuh berolahraga teratur, tubuh akan menjadi lebih segar dan memiliki stamina yang baik sehingga tidak mudah terserang stres.

Bunda suka dengan artikel Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatur Siklus Haid ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Mendeteksi Sariawan Serviks. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatur Siklus Haid. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatur Siklus Haid, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/yang-bisa-dilakukan-untuk-mengatur-siklus-haid/