Sindrom ovarium polikistik adalah sekumpulan penyakit yang timbul akibat sel telur tidak dapat matang dan tidak bisa ber ovulasi atau keluar dari indung telur untuk siap dibuahi oleh sel sperma. Dalam indung telur, sel telur tersebut tidak dikeluarkan melalui menstruasi, sehingga dalam ovarium berkumpul kista sel telur yang belum matang dalam jumlah yang lebih banyak.

Pada dasarnya penyebab dari sindrom ini adalah gangguan hormone, yaitu hormone Llteinizing Hormon (LH). Pada kasus ini, maka akan dihasilkan pemeriksaan bahwa kadar hormone LH sangat tinggi, sehingga mencegah terjadinya pelepasan sel telur. Tingginya hormone LH berakibat ovarium atau indung telur tidak mengeluarkan hormone pematangan sel telur, yaitu Follicle Stimulating Hormon (FSH), dengan demikian sehingga terjadi ketidak seimbangan hormone FSH dan LH. Maka, akibat dari LH yang berlebih, sel telur yang matang tidak dapat dikeluarkan dari cangkang indung telur dan membuat menstruasi jarang terjadi.

Sindrom ini juga dapat dipicu oleh karena kelebihan berat badan, gangguan pada kromosom, pola makan dan pola hidup yang kurang baik, dan akibat dari kekurangan insulin. Dalam kasus PCOS akan ditemukan pula hormone laki-laki yangberlebih, yaitu hormone androgen pada wanita, hal ini biasa ditandai oleh tumbuhnya bulu-bulu berlebihan pada tangan, kaki, atau wajah bagian kumis pada wanita.

Adapun beberapa penyebab terjadinya PCOS bagi wanita usia reproduktif ini adalah sebagai berikut:

  • Pada dasarnya sindrom ini disebabkan oleh gangguan hormonal. Hormon yang mengalami gangguan adalah hormone LH. Jika wanita mengidap sindrom ini maka hasil pemeriksaan LH akan menunjukkan nilai LH yang tinggi. Tingginya LH ini dapat mencegah terjadinya ovulasi, sehingga sel telur tidak bisa keluar dari indung telur untuk dibuahi oleh sel sperma. Tingginya nilai LH tersebut juga menyebabkan ovarium atau indung telur tidak mengeluarkan hormone pematangan sel telur atai FSH sehingga terjadi ketidakseimbangan antara Luetenizing Hormon (LH) dengan Follicle Stimulating Hormon (FSH). Hal ini menyebabkan sel telur tidak keluar dari cangkangnya sehingga tidak  terjadi menstruasi.
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Adanya gangguan pada kromosom
  • Pola makan dan pola hidup yang kurang baik

Bunda suka dengan artikel Yang Mempengaruhi Terjadinya PCOS ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Gejala Wanita Terkena PCOS. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Yang Mempengaruhi Terjadinya PCOS. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Yang Mempengaruhi Terjadinya PCOS, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/yang-mempengaruhi-terjadinya-pcos/
Ditulis dalam Kategori PCOS